Berkenalan dengan Mikrokontroler

Asal-Usul Komputer

Perkembangan generasi komputer dari awal sampai dengan saat ini selalu ditandai dengan teknologi global yang saat itu menjadi landasan operasi kerja dari komputer. Sampai saat ini telah tercatat 5 generasi komputer:

  1. Tabung Vakum
  2. Transistor
  3. Integrated Circuits (IC)
  4. Mikroprosesor
  5. Artificial Intelegent (AI)

Mikroprosesor VS Mikrokontroler

Seperti sudah dijelaskan sekilas di bab sebelumnya, bahwa Mikroprosesor adalah termasuk ke dalam generasi baru (ke-4) dari perkembangan komputer secara keseluruhan. Lalu bagaimana dengan Mikrokontroler? Secara sederhana, kita dapat katakan bahwa Mikrokontroler adalah saudara dari Mikroprosesor. Seperti juga Mikroprosesor, Mikrokontroler dapat melakukan pengolahan data, walaupun dalam taraf yang lebih sederhana. Lalu apakah perbedaan mendasar antara Mikroprosesor dan Mikrokontroler selain tingkat kerumitan dari data yang diolahnya? Sebuah pengendali, baik Mikroprosesor maupun Mikrokontroler, memerlukan ROM (Read Only Memory) untuk menyimpan program yang akan dieksekusinya dan RAM (Random Access Memory) untuk menyimpan sementara data-data yang diolahnya. Tetapi perbedaannya, sebuah Mikroprosesor tidak memiliki fasilitas ROM dan RAM dalam chip-nya, sehingga memerlukan komponen-komponen lain yang bertugas sebagai ROM dan RAM untuk dapat bekerja, sedangkan sebuah Mikrokontroler memiliki fasilitas-fasilitas tersebut dalam chip-nya, sehingga dapat bekerja secara single-chip. Jadi untuk mengendalikan sebuah sistem yang tingkat kerumitannya tidak terlalu tinggi, sangatlah cocok menggunakan Mikrokontroler sebagai pengendalinya.

Aplikasi dari Mikrokontroler

Sebuah Mikrokontroler biasa digunakan untuk sistem-sistem yang berorientasi pengendalian. Contohnya dalam dunia industri adalah pengendalian sistem pemanasan air. Mikrokontroler dapat digunakan pula untuk membangun sebuah smart-system seperti robot. Banyak aplikasi yang dapat dibangun berbasis Mikrokontroler ini dikarenakan bentuknya yang compaq dan kesederhanaannya untuk membangun suatu sistem berbasis Mikrokontroler.

Mikrokontroler “Idol
Sebuah Mikrokontroler yang ada di pasaran dibangun dari beberapa arsitektur dan oleh produsen yang berbeda-beda. Tetapi dari semua Mikrokontroler yang ada di pasaran, arsitektur yang tertua dan terpopuler untuk kebutuhan-kebutuhan sederhana adalah arsitektur 8051. Seluruh Mikrokontroler yang dibangun dari arsitektur 8051 ini dimasukkan ke dalam keluarga MCS-51 (Microcontroller System – 51). Arsitektur 8051 ini kali pertama dibuat oleh perusahaan INTEL, namun kemudian arsitektur ini diproduksi oleh beberapa produsen Mikrokontroler yang berbeda-beda dan salah satu yang terpopuler dan menjadi “idol” para pengguna Mikrokontroler yang diproduksi oleh ATMEL, yaitu AT89S51.

Iklan

4 thoughts on “Berkenalan dengan Mikrokontroler

  1. Saya mau tanya neh bolehkan.
    pertanyaanya berapa harga dari Mikrokontroler tersebut?
    ada ngk, buku buat belajar bikin robot untuk pemula?
    atas perhatiannya terima kasih banyak

    Suka

  2. Harga mikrokontroler tergantung dari jenis dan merk-nya, saudara wisnu. Untuk AT89S51 yang umum digunakan harga berkisar 15ribu rupiah aja kok.
    Buku tentu ada di toko-toko buku, tapi sayangnya kami belum punya..

    Suka

  3. apakah bisa memprogram mikrokontroler tanpa program komputer khusus, misalnya hanya menggunakan turbo pascal atau c saja? terima kasih atas jawabannya

    Suka

  4. Pemrogram mikrokontroler tergantung dari software compiler yang digunakan. Sejauh ini yang saya tahu pemrograman bisa dilakukan dengan program C, basic, dan tentunya assembler..
    Semoga dapat membantu..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s