Menggunakan Port Serial AT89S51 (I)

Selain pengiriman data dengan metode parallel, Mikrokontroler AT89S51 juga mendukung metode pengiriman dan pembacaan data secara serial. Pada metode ini, data 8-bit yang hendak dikirimkan akan diurai dan dikirimkan bertahap bit demi bit. Pengiriman dan penerimaan data serial dilakukan melalui fasilitas register SBUF (Serial Buffer) pada mikokontroler AT89S51. Untuk mengirimkan data, SBUF perlu ditulis melalui accumulator. Sedangkan untuk menerima data serial, data pada SBUF perlu dibaca oleh accumulator. Pin mikrokontroler AT89S51 yang berfungsi untuk fasilitas serial adalah P3.0 (RXD) pin ke 10 dan P3.1 (TXD) pin ke 11.

Komunikasi AT89S51 dengan PC.

Agar dapat berkomunikasi dengan PC (Personal computer) maka diperlukan tambahan IC RS-232 yang bertindak untuk mengkonversi tegangan kerja mikrokontroler sehingga memiliki level yang sama dengan PC. Rangkaian yang dapat digunakan mikrokontroler untuk berkomunikasi dengan PC dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar 6.1. *Rangkaian Komunikasi AT89S51 dengan PC.

.

*Modul Depok Instruments yang Memudahkan Pembelajaran:

Iklan

9 thoughts on “Menggunakan Port Serial AT89S51 (I)

  1. Komunikasi AT89S51 atau AT89C51 dengan VB6 bisa dilakukan melalui jalur serial, Saudara Deon. Untuk VB6 bisa dengan menggunakan fasilitas MSCOMM. Jika anda ingin tahu lebih lanjut, silakan email kami.

    Suka

  2. Untuk tingkat kesulitan suatu alat sebetulnya sangat relatif terhadap peminatan seseorang, saudara Sudiyat. Coba lihat2 di kategori 1. Daftar Judul, mungkin ada yang saudara minati.. Semoga berhasil..

    Suka

  3. bagiamana komunikasi antara serial mikrokontroller dengan localhost didalam sebuah software keamanan jaringan, jalur apa saja yang harus dilewatinya supaya dapat di implementasikan dalam hardware. Terima kasih

    Suka

    1. Maaf, untuk program SHT11 berbasis assembly AT89S51 kami belum ada. Tetapi akan kami agenda-kan.

      Salam,
      Depok Instruments Support

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s