Teknik Pengendalian LCD Karakter (I)

LCD = Liquid Crystal Display. Secara jenis, ada dua macam LCD:

  1. LCD Character
  2. LCD Graphics.

LCD Character = LCD Karakter, adalah LCD yang tampilannya terbatas pada tampilan karakter, khususnya karakter ASCII (seperti karakter-karakter yang tercetak pada keyboard komputer). Sedangkan LCD Graphics = LCD Grafik, adalah LCD yang tampilannya tidak terbatas, bahkan dapat menampilkan foto. LCD Grafik inilah yang terus berkembang seperti layar LCD yang biasa dilihat di notebook / laptop. Dalam pembahasan kali ini akan dikonsentrasikan pada LCD Karakter.

Jenis LCD karakter yang beredar di pasaran biasa dituliskan dengan bilangan matriks dari jumlah karakter yang dapat dituliskan pada LCD tersebut, yaitu jumlah kolom karakter dikali jumlah baris karakter. Sebagai contoh, LCD16X2, artinya terdapat 16 kolom dalam 2 baris ruang karakter, yang berarti total karakter yang dapat dituliskan adalah 32 karakter.

LCD Karakter dalam pengendaliannya cenderung lebih mudah dibandingkan dengan LCD Grafik. Namun ada kesamaan diantara keduanya, yaitu inisialisasi. Inisialisasi adalah prosedur awal yang perlu dilakukan dan dikondisikan kepada LCD agar LCD dapat bekerja dengan baik. Hal yang sangat penting yang ditentukan dalam proses inisialisasi adalah jenis interface (antarmuka) antara LCD dengan controller (pengendali). Pada umumnya terdapat dua jenis antarmuka yang dapat digunakan dalam pengendalian LCD karakter:

  1. 4 Bit, dan
  2. 8 Bit

Untuk dapat mengendalikan LCD karakter dengan baik, tentu perlu koneksi yang benar. Dan koneksi yang benar dapat diwujudkan dengan cara mengetahui pin-pin antarmuka yang dimiliki oleh LCD karakter tersebut. LCD karakter yang beredar di pasaran memiliki 16 pin antarmuka:

  1. VSS = GND
  2. VDD = Positif 5 Volt
  3. Vo = Tegangan untuk mengatur kontras dari tampilan karakter
  4. RS
  5. R/W
  6. E = pin 4 (RS) – pin 6 (E) digunakan untuk aktivasi LCD
  7. DB0
  8. DB1
  9. DB2
  10. DB3
  11. DB4
  12. DB5
  13. DB6
  14. DB7 = pin 7 (DB0) – pin 14 (DB7) digunakan untuk komunikasi data parallel dengan pengendali
  15. Anoda LED Backlight LCD
  16. Katoda LED Backlight LCD

Seperti yang dipaparkan di paragraph sebelumnya, bahwa ada dua jenis antarmuka yang dapat digunakan dalam mengendalikan LCD karakter: 4 Bit, 8 Bit. Dalam 4 Bit-Antarmuka hanya membutuhkan empat pin data komunikasi data parallel, DB4 (pin 11) – DB7 (pin14), yang dikoneksikan dengan pengendali. Langkah-langkah inisialisasi haruslah bersesuaian dengan apa yang telah dituliskan pada datasheet LCD karakter yang digunakan (lihat datasheet LCD16X2). Tiap jenis antarmuka memiliki langkah inisialisasi yang unik, dan langkah-langkah pemrograman biasa dituliskan dalam bentuk diagram-alir (flowchart):

Diagram-alir 4 Bit Antarmuka:

Diagram-alir 8 Bit Antarmuka:

*Modul LCD Karakter Depok Instruments: DI-Smart LCD16X2 Board

Iklan

6 thoughts on “Teknik Pengendalian LCD Karakter (I)

  1. saya ingin bertanya, perbedaan kita menggunakan 4-bit dan 8-bit terletak pada apa saja??? pengaruhnya pada output LCD apa?? dan apakah dalam pemrogramannya pun berbeda??? terima kasih untuk jawabannya…

    Suka

    1. 4-bit dan 8-bit perbedaannya:
      1. Jumlah pin mikro yang diperlukan untuk mengendalikan LCD (interface)
      2. Proses pemrograman juga ada sedikit perbedaan dalam pengiriman data. Pada dasarnya data yang dikirimkan adalah 8-bit, jika kita menggunakan pengendalian 4-bit, proses pengiriman data dilakukan 2x.

      Sedangkan untuk output pada LCD-nya akan tetap sama.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s