LDR (Light Dependent Resistor)

LDR

LDR = Light Dependent Resistor, yaitu resistor yang besar resistansi-nya bergantung terhadap intensitas cahaya yang menyelimuti permukaannya. LDR, dikenal dengan banyak nama: foto-resistor, foto-konduktor, sel foto-konduktif, atau hanya foto-sel. Dan yang sering digunakan dalam literatur adalah foto-resistor atau foto-sel.

Sejarah Penemuan Foto-resistor / LDR

Foto-resistor, telah sangat banyak digunakan selama bertahun-tahun. Foto-resistor telah terlihat di bentuk awal sejak abad kesembilan belas ketika foto-konduktivitas akan selenium ditemukan oleh Smith pada tahun 1873. Sejak itu banyak varian perangkat foto-konduktif telah dibuat.

Banyak pekerjaan yang berguna dilakukan oleh Case TW pada tahun 1920 ketika ia menerbitkan sebuah makalah berjudul “Thalofide Cell – a new photo-electric cell“.

Zat-zat lainnya termasuk PbS, PbSe, dan PbTe dipelajari di tahun 1930-an dan 1940-an, dan kemudian pada tahun 1952, Rollin dan Simmons mengembangkan foto-konductor menggunakan silikon dan germanium.

Simbol Foto-resistor / LDR

Simbol rangkaian yang digunakan untuk Foto-resistor atau LDR adalah penggabungan resistor dan penunjukkan bahwa resistor tersebut sensitif terhadap cahaya. Simbol dasar Foto-resistor / LDR memiliki persegi panjang yang digunakan untuk menunjukkan fungsi resistansi-nya, dan kemudian memiliki dua panah masuk, sama seperti yang digunakan untuk foto-dioda dan foto-transistor, untuk menunjukkan sensitivitasnya terhadap cahaya. Sebagian menggunakan lingkaran pada resistor-nya, sebagian lagi tidak. Simbol Foto-resistor atau LDR yang lebih umum digunakan adalah resistor tanpa lingkaran di sekitarnya.

Gambar 1. Simbol Foto-resistor / LDR.

Mekanisme Foto-resistor / LDR

Sebuah Foto-resistor atau LDR adalah komponen yang menggunakan foto-konductor di antara dua pin-nya. Saat permukaannya terpapar cahaya akan terjadi perubahan resistansi di antaranya.

Mekanisme di balik Foto-resistor atau LDR adalah foto-konduktivitas, yaitu suatu peristiwa perubahan nilai konduktansi bahan semikonduktor saat energi foton dari cahaya diserap olehnya. Ketika digunakan sebagai Foto-resistor atau LDR, bahan semikonduktor hanya digunakan sebagai elemen resistif dan tidak ada koneksi PN-nya. Dengan demikian, Foto-resistor atau LDR adalah murni komponen pasif.

Aplikasi Foto-resistor / LDR

Foto-resistor atau LDR berguna sebagai elemen sensitif cahaya berbiaya rendah dan digunakan selama bertahun-tahun dalam fotografi sebagai pengukur intensitas cahaya serta dalam aplikasi lain seperti detektor api / asap / pencuri, pembaca kartu, dan kendali lampu jalan berdasarkan cahaya.

Lanjut ke: Rangkaian Dasar LDR

 

Rujukan

  1. http://www.radio-electronics.com/info/data/resistor/ldr/light_dependent_resistor.php

TW: @deni_dins
FB: https://www.facebook.com/depokinstruments/

 

2 thoughts on “LDR (Light Dependent Resistor)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s