Brushed DC Motor

Pendahuluan

Motor DC adalah motor listrik yang bergerak pada direct current (DC) electricity atau listrik-arus-searah. Secara garis besar, jenis motor DC dapat dibagi menjadi dua: 1. Motor DC Bersikat atau Brushed DC Motor, 2. Motor DC Tanpa-sikat atau Brushless DC Motor.

Persamaan dari kedua jenis motor DC tersebut adalah memiliki dua bagian utama: Rotor yaitu bagian yang berputar, dan stator yang diam. Sedangkan perbedaan-nya adalah, pada jenis motor DC bersikat rotor-nya bersifat elektro-magnetik dan bagian stator-nya bersifat magnet-alami, sedangkan pada motor DC tanpa sikat hal tersebut berkebalikan.

Pada pembahasan ini, akan dijabarkan lebih lanjut tentang motor DC bersikat, sedangkan untuk jenis yang tanpa sikat akan dijabarkan pada pembahasan yang lain.

Bagian-bagian dari motor DC bersikat

Gambar 1. Bagian-bagian pada motor DC.

Prinsip kerja motor DC bersikat

Putaran rotor pada motor DC bersikat mengikuti kaidah tangan-kanan gaya Lorentz.

Gambar 2. Kaidah tangan kanan gaya Lorentz.

Gambar 3. Ilustrasi kaidah tangan kanan pada motor DC bersikat.

Beda potensial (tegangan) antara dua terminal akan mengalirkan arus listrik dari positif (+) ke negatif (-) melalui terminal – sikat (brush) – lilitan (windings) tembaga seperti terlihat pada Gambar 3, arus listrik diilustrasikan oleh arah panah merah (I). Kemudian mengikuti kaidah tangan kanan, karena ada arus listrik yang mengalir pada lilitan dalam medan-magnet-tetap, maka akan dihasilkan gaya Lorentz seperti pada Gambar 3 yang d. Proses inilah yang secara terus menerus berlangsung pada motor dc yang menyebabkannya berputar selama ada beda potensial pada terminal-nya. Semakin besar beda potensial pada kedua terminal-nya, maka akan semakin besar arus listrik yang mengalir pada lilitan, dengan demikian semakin besar pula gaya Lorentz yang dihasilkan dan motor pun akan berputar semakin cepat, sesuai dengan persamaannya:

F = B x IL

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s