Sensor vs Transduser (Sensor vs Transducer)

Sensor dan Transduser berbedakah?

Tidak sepenuhnya berbeda. Sebuah Sensor sudah pasti adalah Transduser, tetapi sebuah Transduser belum tentu sebuah sensor. Kok?

Jadi, sebuah Transduser pengertiannya lebih luas daripada Sensor. Transduser adalah suatu alat atau bahan yang mengubah satu bentuk besaran-fisika menjadi bentuk besaran-fisika yang lainnya untuk berbagai tujuan termasuk pengubahan ukuran atau informasi. Transduser bisa berupa peralatan listrik, elektronik, elektromekanik, elektromagnetik, fotonik, atau fotovoltaik. Dalam pengertian yang lebih luas, Transduser kadang-kadang juga didefinisikan sebagai suatu peralatan yang mengubah suatu bentuk sinyal menjadi bentuk sinyal lainnya. Contoh yang umum dari Transduser adalah pengeras-suara (loud-speaker), yang mengubah beragam voltase listrik yang berupa musik atau pidato, menjadi vibrasi mekanis. Contoh berikutnya adalah mikrofon, yang mengubah gelombang suara, bunyi, atau gelombang akustik menjadi sinyal atau energi listrik.[1] Contoh lainnya adalah LED, yang mengubah energi listrik menjadi pijaran cahaya.

Diagram Loud-Speaker

Gambar 1. Diagram Pengeras-Suara (Loud-Speaker).[4]

Sedangkan Sensor adalah adalah suatu alat atau bahan yang mengubah satu bentuk besaran-fisika menjadi bentuk besaran-fisika-listrik, seperti resistansi, kapasitansi, atau induktansi, yang digunakan untuk mengukur/mendeteksi suatu besaran-fisika pada lingkungan.[2][3] Dua kata kunci yang digarisbawahi, yaitu besaran-fisika-listrik, dan mengukur/mendeteksi, adalah yang menjadikan Sensor lebih mengkhusus daripada Transduser. Dengan kata lain, Sensor adalah Transduser yang keluarannya berupa besaran-fisika-listrik dan ditujukan untuk mengukur/mendeteksi suatu besaran-fisika pada lingkungan.

Diagram Sensor Hall-Effect

Gambar 2. Diagram Sensor Efek-Hall.[5]

Rujukan

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Transduser
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Sensor
  3. http://www.instrumentationtoday.com/difference-between-sensors-and
  4. transducers/2011/07/
  5. http://www.electronics-tutorials.ws/io/io_8.html
  6. http://www.electronics-tutorials.ws/electromagnetism/hall-effect.html

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s