Tips n Tricks Hemat Listrik (3)

Hemat listrik? Bisa dengan cara-cara sederhana kok. Tapi sebelum pelajari Tips n Tricks-nya, kita perlu pelajari dulu, hal-hal mengenai biaya listriknya ya.

Yang pertama adalah TDL. TDL adalah singkatan dari Tarif Dasar Listrik. TDL adalah satuan biaya terkecil penggunaan daya listrik. Total biaya listrik dihitung berdasarkan TDL dikalikan jumlah energi listrik yang dipakai dalam satu bulan. Silakan klik TDL PLN 2015 untuk mengetahui biaya TDL terkini.

Yang kedua adalah kWh. kWh adalah singkatan dari kilo.Watt.hour. kWh adalah jumlah daya atau energi yang digunakan dalam durasi tertentu. kilo.Watt menyatakan bahwa perhitungan energi dalam pembulatan per-seribu Watt. Sedangkan hour atau jam, berarti bahwa durasi penggunaan dalam pembulatan per-satu jam.

Tips n Tricks Hemat Listrik (3). Manfaatkan Air Pembuangan AC.

  • Hah? Mungkin itulah yang terlintas di pikiran. Coba kita analisis dulu ya. Salah satu perangkat di rumah tangga modern saat ini yang menyerap daya listrik terbesar mungkin adalah AC dan…Pompa Air kan. Khususnya Pompa Air “Jet-Pump”. Maka jika kita kurangi penggunaan Pompa Air, maka otomatis penggunaan daya listrik pun akan berkurang. Betul kan? 🙂
  • Tips n Tricks kita adalah memanfaatkan Air Pembuangan AC untuk mengurangi penggunaan Pompa Air. Kami di sini tidak menyarankan bahwa air tersebut dimasak kemudian diminum ya. Mari kita klasifikasikan dahulu penggunaan air di rumah kita berdasarkan level kebersihan air: Level-1, yaitu minum, mandi, dan mencuci perangkat makan; Level-2, yaitu untuk mencuci pakaian, dan menyiram tanaman; Level-3, yaitu untuk mencuci mobil, dan mengepel lantai; Level-4, yang terakhir, yaitu untuk menyiram limbah kamar mandi, dan menyiram jalanan. Dengan meng-klasifikasi-kan penggunaan air, kita dapat tentukan kiranya akan kita manfaatkan untuk apa Air Pembuangan AC tsb.
  • Saran kami, Air Pembuangan AC dapat digunakan untuk Level 3 dan 4. Caranya cukup sederhana, sediakan ember yang cukup besar pada pipa pengeluaran air AC, jangan langsung dibuang ke tanah. Selanjutnya, saat Air Pembuangan AC sudah terkumpul, dapat kita manfaatkan air tersebut. Selamat mencoba.
  • Lalu berapa jumlah kWh yang bisa dihemat? Sayangnya untuk Tips n Tricks yang ini sulit sekali untuk dihitung nilai penghematannya. 😀

Lanjut ke: Hemat Listrik (4) (dalam proses)
Kembali ke: Hemat Listrik (2)

TW: @deni_dins
FB: https://www.facebook.com/depokinstruments/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s