Serial RS-232

Serial RS-232

RS-232 adalah standar komunikasi serial yang digunakan untuk transmisi data antara perangkat DTE (Data Terminal Equipment) dengan perangkat DCE (Data Circuit-terminating Equipment atau Data Communication Equipment). Standar ini mendefinisikan karakteristik tegangan dan pewaktuan sinyal. Contoh yang umum ditemui yang menggunakan standar ini adalah koneksi antara komputer dengan modem.

Terminal/konektor paling umum yang digunakan oleh RS-232 sebagai piranti transmisinya adalah DB9 dan DB25. Konektor DB9 terdiri dari 9 pin dan pada konektor DB25 terdiri dari 25 pin.

Standar RS-232 ditetapkan oleh Electronic Industry Association and Telecomunication Industry Association pada tahun 1962. Nama lengkapnya adalah EIA/TIA-232 Interface Between Data Terminal Equipment and Data Circuit-Terminating Equipment Employing Serial Binary Data Interchange.

Prinsip Kerja Komunikasi RS-232

Komunikasi serial adalah suatu metode komunikasi yang dilakukan dengan cara mengirimkan data dari perangkat pengirim  (Transmitter/TX) secara bit-per-bit dengan kecepatan tertentu (bit-per-second/bps) kepada perangkat penerima (Receiver/RX). Saat arah komunikasi berjalan 1 arah, TX1 kepada RX2, maka  proses ini dinamakan Half-duplex. Sedangkan jika berjalan dalam 2 arah, TX1 kepada RX2 dan TX2 kepada RX1, maka proses ini dinamakan Full-duplex.

Tegangan logika pada RS-232 berbeda dengan tegangan logika pada teknik digital TTL atau CMOS: Teknik digital TTL dan CMOS menggunakan tegangan positif (+) sebagai sinyal logika ‘1’ sedangkan nol (0) atau Ground sebagai sinyal logika ‘0’, sedangkan RS-232 menggunakan tegangan negatif (-) sebagai sinyal logika ‘1’ dan tegangan positif (+) sebagai sinyal logika ‘0’.  Sehingga diperlukan suatu konverter tegangan dengan protokol RS-232 jika suatu perangkat digital TTL atau CMOS akan dihubungkan dengan perangkat RS-232.

Frame data yang dikirimkan disusun dengan urutan start bit, diikuti data bits, parity dan diakhiri dengan stop bit:

[ start bit >>> data bits >>> parity >>> stop bit ]

Pada protokol RS232 perlu dilakukan pengaturan yang sama di kedua perangkat agar komunikasi antar perangkat dapat berlangsung dengan baik:
• Baud Rate
• Parity
• Data bits
• Stop bits

Konektor RS-232

Ada 2 tipe terminal yang digunakan sebagai standar terminal RS-232, yaitu DB9 dan DB25. Serial port RS232 dengan konektor DB9 memiliki 9 buah pin dan pada konektor DB25 memiliki pin 25 buah.

rs-232_db-9_male_pinout

rs-232_db-25_male_pinout

Fungsi pin berdasarkan tabel di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:
Signal Ground (SG) berfungsi untuk memberikan masa (ground) pada setiap sinyal secara bersama (common signal ground).
Transmit Data (TX) berfungsi sebagai saluran keluarnya data dari UART atau sebagai pengirim data ke devais secara serial.
Receive Data (RX) berfungsi sebagai saluran masuknya data ke UART atau sebagai penerima data dari devais secara serial.
Data Terminal Ready (DTR) berfungsi sebagai pemberi informasi status ke devais terkoneksi bahwaUART telah siap. Saat terkoneksi dan berkomunikasi dengan devais DTR perlu beri logika 1.
Data Set Ready (DSR) berfungsi untuk menerima informasi status devais bahwa devais siap utnuik diakses oleh komputer melalui UART.
Request to Send (RTS) berfungsi sebagai isyarat permintaan UART ke devais untukmemfasilitasi bahwa UART akan mengirimkan data ke devais.
Clear to Send (CTS) berfungsi sebagaipenerima jawaban atas pengiriman isyarat RTS bila modem/piranti telah menerima data.
Data Carrier Detect (DCD) berfungsisebagai penerima isyaratagar komputer bersedia menerima data pada pada waktu tertentu.
Ring Indicator (RI) berfungsi menerima isyarat dari modem bahwa ada devais (eksternal) yang membutuhkan koneksi dalam rangka pengiriman atau permintaan data.

Rujukan

  1. Kennedy, George; Electronic Communication Systems, McGraw-Hill Co., Singapore, 1988.
  2. Stallings, William; Komunikasi Data & Komputer, Penerbit Salemba Teknika, Jakarta, 2001.
  3. DC Green; Komunikasi Data, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 1996.
  4. Wheland Couch II, Leon; Digital & Analog Communication Systems, Macmillan Publishing Company, New York, 1993
  5. https://en.wikipedia.org/wiki/RS-232
  6. http://support.commone.com/hc/en-us/articles/211377068-FAQ-1068-What-Are-The-Standard-Pinouts-For-a-DB9-and-DB25-RS-232-Serial-Connection-
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s